Thursday, January 19, 2017

Keseruan Peserta SM-3T Saat Mencari Sinyal Di Sawah

~ Mencari Jaringan Seluler di Sawah Sinyal ~
Namanya sawah sinyal masyarakat setempat menyebutnya demikian, inilah tempat favorit bagi kami untuk berkomunikasi, melepas rindu dengan keluarga dan sahabat yang jauh di sana. Foto ini saya ambil 28 agustus 2015 saat kami bertiga mencari sinyal di sawah yang berada di ujung desa Toliwang. Bersama Ibu Dini dan Ibu Novi mereka adalah rekan SM-3T LPTK UNIMED dan saya sendiri SM-3T LPTK UNM.

Tidak semua lokasi di kecamatan Kao Barat memiliki jaringan seluler, hanya beberapa tempat saja dan tentu lokasinya selalu di sawah yang jaraknya cukup jauh dari tempat tinggal kami. Menurut masyarakat setempat dulunya di kecamatan Kao Barat memiliki tower jaringan seluler namun tak bertahan lama karena terkena petir dan sudah bertahun-tahun tower tersebut tak pernah lagi diperbaiki.

Alhamdulillah masih ada sinyal yang terbawa angin meskipun sangat minim dan tarifnya sangat mahal. Di saat mereka sedang asyik menelfon dan SMS, saya mendokumentasikan moment yang tak biasa saya temukan saat masih berada di kota Makassar. Di sini tak ada lagi yang namanya sosial media karena HP android cuma digunakan berfoto saja dan hanya HP tertentu yang mampu mendapatkan sinyal minim tersebut.

Inilah keseruan kami saat mencari sinyal, meski harus barjalan jauh di tengah teriknya matahari. Pembelajaran hidup yang bisa kami dapatkan dari pengalaman ini adalah bahwa segala sesuatu yang diperoleh melalui usaha dan keringat itu jauh lebih berharga.

"Pegalaman adalah guru terbaik dan menjadi guru SM-3T adalah pengalaman terbaikku." Setahun mendidik seumur hidup menginspirasi.

Salam Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia, SM-3T UNM (Universitas Negeri Makassar) dan UNIMED (Universitas Negeri Medan) angkatan V penempatan kabupaten Halmahera Utara, provinsi Maluku Utara.

Ahmad Yusran (Agustus 2015)

No comments: