Thursday, January 26, 2017

Saung Ilmu Halmahera Utara

Saung Ilmu Halmahera Utara

Disaat kita SD, mungkin kita sering dibelikan buku bacaan yang menarik oleh orang tua seperti buku dongeng, menggambar, mewarnai dan buku lainnya. Lalu di mana kita simpan buku-buku itu sekarang? Apakah di lemari, dibawah tempat tidur? atau sudah dimakan rayap?

Coba kita lihat anak-anak pelosok yang ada di desa. Apakah mereka punya buku bacaan sama seperti yang kita miliki? Apakah orang tua mereka sering membelikan buku bacaan?
Jawabannya cukup singkat "Tidak". Jangankan membaca, memiliki buku saja tidak mampu, materi pun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terus bagaimana mereka bisa membaca?

Melihat kondisi yang ada, kami yang tergabung dalam SM-3T angkatan V LPTK UNM dan UNIMED penempatan Desa Salimuli Kecamatan Galela Utara membentuk taman baca "Saung Ilmu Halmahera Utara" Buku-buku yang ada merupakan donasi dari program Dompet Dhuafa.

Target kami bukanlah seberapa besar taman baca, melainkan seberapa besar manfaat membaca buku bagi anak-anak di pelosok negeri. Sepulang sekolah anak-anak di desa Salimuli, kecamatan Galela Utara meluangkan waktu untuk membaca buku.


"Buku adalah jendela Dunia dan Kunci untuk membukanya adalah dengan Membaca"

Salam Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia
SM-3T UNM (Universitas Negeri Makassar) dan UNIMED (Universitas Negeri Medan) angkatan V Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

No comments: