Monday, January 30, 2017

Praktek Kimia Menguji Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit

Praktek Kimia kelas XII IPA SMA Negeri 7 Halmahera Utara

Menguji Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit, materi ini seharusnya mereka telah pelajari di kelas X semester genap, namun karena kurangnya tenaga guru basic Pendidikan Kimia akhirnya mereka jarang belajar Kimia, sehingga siswa(i) ini tertinggal banyak materi pelajaran, sebenarnya saya basic Pendidikan Matematika, namun melihat kondisi yang ada akhirnya merangkap mengajar beberapa pelajaran. Untuk praktek ini harus kembali belajar konsep Kimia maupun Fisika.

Karena tidak adanya Alat-alat Laboratorium MIPA akhirnya kita praktek di dalam kelas dengan menggunakan alat & bahan yang mudah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk menentukan jenis larutan elektrolit maupun nonelektolit dapat dilakukan dengan cara berikut:
1. Siapkan beberapa jenis larutan  contohnya larutan yang bersifat garam, asam, basa maupun air.
2. Selanjutnya, tempatkan larutan tersebut pada wadah yang dapat dijangkau oleh elektroda karbon.
3. Beri label pada setiap larutan yang akan diuji.
4. Celupkan kedua elektroda karbon pada larutan tersebut, pastikan bahwa kedua elekroda karbon tidak saling bersentuhan.

Reaksi dapat berupa nyala lampu dan timbulnya gelembung gas.
√ Larutan yang dapat menghantarkan listrik dengan baik (ditunjukkan dengan lampu yang menyala terang) karena dapat terionisasi dengan baik (ditunjukkan dengan adanya gelembung-gelembung) merupakan larutan elektrolit kuat.
Contohnya Air Laut, Deterjen dll.
√ Larutan yang dapat menghantarkan listrik dengan buruk (ditunjukkan dengan lampu yang menyala redup atau tidak menyala sama sekali) karena tidak dapat terionisasi dengan baik (ditunjukkan dengan masih adanya gelembung-gelembung) merupakan larutan elektrolit lemah.
Contonya Cuka, Belimbing dll
√ Larutan yang tidak dapat menghantarkan listrik sama sekali (ditunjukkan dengan lampu yang sama sekali tidak menyala) karena tidak dapat terionisasi sama sekali (ditunjukkan dengan tidak adanya gelembung-gelembung) merupakan larutan non-elektrolit.
Contohnya Gula, Air Sumur dll.

Berikut ini beberapa dokumentasi :









No comments: