Saturday, January 28, 2017

Prakondisi Outdoor SM-3T angkatan V LPTK UNM


Prakondisi Outdoor SM-3T angkatan V LPTK UNM di Rindam VII Wirabuana Pakkatto, kabupaten Gowa, provinsi Sulawesi Selatan.

Adapun tujuan dari Prakondisi Outdoor SM-3T (Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal) yakni sebagai pembinaan mental yang dimaksudkan untuk membangun karakter para peserta agar memiliki karakter tangguh dan peduli terhadap sesama, serta memiliki jiwa ketahanmalangan dan tidak mudah menyerah ketika menghadapi persoalan hidup di daerah sasaran nantinya.

Materi pembinaan ini meliputi pemberian motivasi, penyampaian wawasan dan contoh-contoh nyata kelompok masyarakat dalam keadaan terbatas tetapi mampu bertahan hidup. Dilanjutkan praktik di lapangan berupa outbond dan pemberian pengalaman hidup yang penuh tantangan dan rintangan. Nara sumber kegiatan ini adalah dosen LPTK atau dapat berasal dari Insitusi yang memiliki pengalaman dan wawasan yang relevan dengan kegiatan ini.

Selain itu peserta juga dibekali kursus mahir dasar-dasar kepramukaan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk membekali keterampilan kepramukaan kepada peserta agar memiliki jiwa pengabdian, nasionalisme, patriotisme, cinta tanah air Indonesia, dan bela negara.

Kursus ini dilaksanakan oleh Gugus Depan Pramuka di LPTK bekerja sama dengan Kwartir Cabang Pramuka setempat dalam hal ini para TNI Angkatan Darat Rindam VII Wirabuana. Pembinaan mental dan survival (ketahanmalangan) serta kursus mahir dasar ini dilaksanakan selama 50 JP atau selama lima hari di luar kampus (out door).

Salam Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia, Dari kami 263 peserta SM-3T UNM (Universitas Negeri Makassar) angkatan V penempatan kabupaten Mahakam Ulu, Berau, Halmahera Utara, Maluku Tenggara Barat, Kepulauan Aru, Teluk Bintuni dan Waropen.

Berikut ini beberapa dokumentasi saat prakondisi :





































No comments: