Thursday, January 26, 2017

Perjuangan siswa-siswiku menuju Sekolah

Berjalan kaki selama berjam-jam menuju Sekolah

Jika kita sudah memiliki tekad, maka kesulitan dan tantangan pun akan dihadapi demi masa depan yang lebih baik.

Minimnya sarana pendidikan dan transportasi yang menjangkau beberapa desa di kecamatan Galela Utara membuat para siswa/i yang bersekolah di SMA Negeri 7 Halmahera Utara harus berjalan kaki dari rumah menuju sekolah dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Para laskar pelangi ini harus berjuang lebih keras agar bisa bersekolah dan melanjutkan pendidikan seperti anak-anak lainnya.

SMA Negeri 7 Halmahera Utara adalah satu-satunya SMA yang berstatus negeri dari 12 desa yang berada di kecamatan Galela Utara tepatnya berlokasi di desa Salimuli. Siswa/i yang bersekolah di SMA ini berasal dari desa yang beragam mulai dari desa Limau (perbatasan kecamatan Galela Utara dan Galela Barat) sampai desa Jere (perbatasan kecamatan Galela Utara dan Loloda Utara). Bagi mereka yang berasal di luar kecamatan Galela Utara, harus tinggal di rumah sanak keluarga yang berada di desa Salimuli agar dekat dari sekolah, mereka biasa menyebut orangtua angkat "Papa dan Mama piara".

Meski terkadang siswa/iku terlambat masuk pada jam pelajaran pertama yang di mulai sejak pukul 07.30 wit. Sebagai guru baru dari program SM-3T, saya tidak pernah memarahi ataupun menghukum mereka ketika terlambat, terlebih lagi bagi yang tinggal di desa Togasa karena merekalah siswa/i yang berjalan kaki lebih jauh dibandingkan yang lainnya. Saya sangat menghargai semangat dan usaha mereka untuk tetap pergi ke sekolah dengan berjalan kaki selama berjam-jam dengan menempuh jarak puluhan kilometer tanpa menghiraukan cuaca panas maupun hujan. Terkadang mereka sudah meninggalkan rumah dari subuh hari bersamaan terbitnya sang surya agar mereka bisa tiba di sekolah sebelum apel pagi.

Tetap semangat yah anak-anak didikku, keterbatasan bukanlah kendala untuk kita berhenti mengenyam pendidikan yang lebih baik lagi. Semoga suatu saat nanti kalian bisa sukses dengan cita-cita yang selama ini kalian pernah ceritakan dalam kelas. Aamiin...

Salam Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia, SM-3T UNM (Universitas Negeri Makassar) angkatan V penempatan Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara.
Setahun mendidik seumur hidup menginspirasi.

No comments: